Home » » Luar Biasa! Sapi Perah Hasilkan 1 Juta Gelas Susu

Luar Biasa! Sapi Perah Hasilkan 1 Juta Gelas Susu


Selasa, 24 April 2012 14:39 wib
Foto: True Wild Life
Foto: True Wild Life
OTTAWA - Seekor sapi menetapkan rekor dunia baru untuk susu yang paling banyak diproduksi dalam seumur hidup. Sapi perah itu terhitung berhasil menghasilkan sebanyak 1 juta gelas susu selama lebih dari 15 tahun.

Sapi asal Kanada yang bernama Smurf itu mencatatkan rekor pada Guinness World Records. Hasil panen rata-rata sapi perah umumnya berkisar sekira 35 ton (33.981 liter) susu seumur hidup atau kurang dari 50 liter per hari.

Sapi langka yang terungkap ini bisa menghasilkan susu hingga 216.891 kg dalam kurun waktu lebih dari 1,5 dekade. 

"Itu setara dengan lebih dari 1 juta gelas susu," ujar Eric Patenaude, pemilik sapi tersebut, seperti dikutipABC News, (24/4/2012).

Smurf, yang tinggal di sebuah peternakan dekat wilayah Vancouver, menghasilkan sekira jumlah harian yang sama seperti sapi pada umumnya. Hanya saja, sapi itu hidup tiga kali lebih lama dari sapi perah lainnya. 

Menurut harian lokal setempat, dilaporkan Smurf memperoleh penghargaan 'Udder Accolades' atau penghargaan atas sapi perah dengan umur terpanjang serta konsisten. 

Kabarnya, Smurf lahir dari sapi unggulan dari perkawinan sapi jantan yang bernama Emperor dari Wisconsin dengan induknya yang bernama Murphy. Murphy juga dikenal sebagai sapi yang dijuluki good milker atau sapi perah yang memiliki mutu baik.

Smurf yang akan berusia 16 tahun pada bulan September mendatang, tengah menantikan kelahiran anak sapi yang ke-11 pada pekan depan. Sejauh ini diketahui, Smurf hanya memiliki satu anak sapi betina untuk melanjutkan tradisi seperti dirinya.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Artikel Kini - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger