Home » » Harga Barang Tekno di Australia Lebih Mahal

Harga Barang Tekno di Australia Lebih Mahal



news.com.au salam
Steve Wozniak, salah seorang pendiri Apple yang heran harga di Australia lebih mahal.
 Dengan dunia yang semakin global, di mana "batas" antarnegara sudah kabur, ternyata harga peralatan teknologi masih bisa berbeda-beda, padahal ongkos kirim sudah tidak lagi jadi masalah.
Salah seorang pendidi perusahaan komputer Apple, Steve Wozniak, mengatakan keheranannya bahwa barang-barang teknologi jauh lebih mahal di Australia dibandingkan di Amerika Serikat.
Dalam wawancara dengan Radio ABC Australia, Jumat (11/5/2012), Wozniak yang sedang melakukan perjalanan keliling Australia mempermasalahkan hal tersebut. "Mungkin ini disebabkan oleh pajak masuk, tetapi saya tidak mendukung hal tersebut. Mungkin banyak orang mau saja membayar lebih mahal, karena merasa akan dapat perlindungan lebih baik, tetapi saya tidak sependapat." kata Wozniak.
"Saya tidak ingin mencampuri masalah politik di sini, namun mungkin saya akan dianggap sebagai kelompok liberal bahwa seharusnya sudah tidak ada lagi batas antarnegara, demikian juga dalam masalah harga." tambahnya.
Wozniak mengatakan, dia kaget harga mobil yang dimilikinya tiga kali lebih mahal di Australia dibandingkan di Amerika Serikat. Padahal katanya "sekarang ini ongkos kirim mengirim barang kemanapun di dunia sangat murah."
Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L. Sastra Wijaya, parlemen federal Australia akan membuka penyelidikan mengapa perusahaan seperti Apple menerapkan tarif lebih mahal bagi warga Australia untuk membeli musik, menonton televisi ataupun mengunduh hal lain dibandingkan dari negara lain.
Bulan lalu, Menteri Komunikasi Australia Stephen Conroy menyetujui adanya penyelidikan parlemen guna mengetahui harga piranti lunak dan bahan-bahan komputer lainnya sehingga diharapkan nantinya akan lebih murah. Seorang anggota parlemen dari Partai Buruh, Ed Husic, mengatakan, Australia kadang membayar sampai 80 persen lebih tinggi tanpa adanya alasan yang jelas.
Menurut penelusuran yang dilakukan oleh situs news.com.au, piranti lunak Adobe Photoshop CS5 dijual dengan harga 2285 dolar di AS, sedangkan di Australia, harganya 4.000 dolar.
Sistem musik Bose Wave dengan Ipod connect kit  berharga 379 dolar di AS, di Australia harganya 799 dolar. Konsole Xbox 360 250GB dijual dengan harga 247 dolar di AS, di Australia dijual dengan harga 410 dolar. Harga iPad baru di Australia adalah 539 dolar, sedangkan di Amerika Serikat hanya 496 dolar.
Tahun lalu, salah seorang peiabat Australia Anthony Roberts mengatakan, harga iTunes memang lebih mahal dibandingkan di tempat lain. Para analis mengatakan, Australia membayar 62 sen lebih mahal bagi album Better Day-nya Dolly Parton dibandingkan di AS, dan single Dolly Parton juga 60 sen lebih mahal di Australia. 
Untuk film Transformers: Revenge of the Fallen, harga di Australia 3 dolar lebih mahal, sedangkan film Spy Kids 3-D: Game Over 5 dolar lebih mahal.  
 kompaS.COM
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Artikel Kini - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger