Home » » 20 Tahun Punah, Tikus ini Ditemukan Lagi di Filipina

20 Tahun Punah, Tikus ini Ditemukan Lagi di Filipina


Tikus ini pertama kali ditangkap sebagai bagian dari survei Pulau Dinagat di tahun 1975.

manila,philipinaRandall Fung/Corbis
Sebuah spesies langka yang dikira sudah punah 20 tahun lalu, tikus awan (Crateromys australis), kembali ditemukan di Pulau Dinagat, Filipina. Sebelum dinyatakan punah, tikus awan diketahui hanya hidup di pulau itu.
Tikus ini ditemukan secara tidak sengaja oleh pasangan asal Ceko yang tengah berbulan madu di Pulau Dinagat, Januari 2012. Bahkan Milada Rehakova dan Vaclav Rehak -nama pasangan itu- sempat mengabadikan tikus awan tersebut lewat rekaman video.
Rehakova yang juga seorang ahli ilmu hewan dan terlibat dalam program konservasi di Filipina sejak tahun 2007, menggambarkan spesies yang dilihatnya itu sebagai tikus besar, berbulu abu-abu coklat, dengan ekor hitam-putih.
crateromys australis,tikus awanCrateromys australis (Upiscience).
Pasangan ini kemudian mencoba mengumpulkan iniformasi dari warga sekitar mengenai kemungkinan masih adanya tikus tersebut di Pulau Dinagat. Dilaporkan oleh Rehakova, jika mereka kemudian bertemu lagi dengan tikus tersebut di tiga kesempatan berbeda.
Tikus ini pertama kali ditangkap sebagai bagian dari survei Pulau Dinagat di tahun 1975. Tapi sesudah itu tak ada lagi laporan kehadiran tikus ini. Ditegaskan oleh William Oliver dari Philippine Biodiversity Conservation Foundation Inc, jika tikus awan sudah tidak ada lagi. Selain itu International Union for Conservation of Nature (IUCN) juga sudah memasukkan spesies ini dalam kategori "punah".
Kemunculan tikus awan ini bukan hanya mendatangkan kabar gembira bagi masyarakat Filipina. Tapi juga kekhawatiran karena operasi penambangan di Pulau Dinagat bisa mengancam keberadaan tikus awan.
(Zika Zakiya. Sumber: UpiScience)
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Artikel Kini - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger